Alternatif Resto dengan Pilihan Fusion Menu di Cozyfield Cafe Bintaro

Whoaa… blog saya yang satu ini sudah 2 tahun vakum rupanya :D. Memang sejak kepindahan saya ke Surabaya sejak tahun 2013, saya tidak pernah memperbarui isi blog karena berbagai alasan: pekerjaan yang semakin padat, namun sepinya aktifitas komunitas tematik, dan nggak tahu juga saya lebih suka menulis untuk media cetak.

kedua belas blogger berfoto bersama manajer dan staf Cozyfield Cafe - Gramedia
kesepuluh blogger berfoto bersama manajer dan staf Cozyfield Cafe – Gramedia

Well… sekarang saya sudah kembali ke Jakarta sejak Oktober 2015, dan berselang 4 bulan kemudian saya mulai nge-blog lagi, deh. Tulisan di awal tahun 2016 ini dimulai dengan acara blogger gathering di Cozyfield Café, yang bertempat di lantai dasar gedung Gramedia Emerald Bintaro, pada hari Sabtu siang tanggal 20 Februari 2016 yang lalu.

Tempat yang Cozy dengan Disain dan Dekorasi Indonesia Modern

Kafe ini letaknya luaarrr biasa jauh, meskipun waktu itu saya perginya dari mal Gandaria City (Gancit) yang sama-sama berada di bilangan Jakarta Selatan, dan sama-sama dekat Kebayoran Lama. Kalau naik kereta sih dekat ya, karena dari stasiun Kebayoran Lama cukup 2 stasiun saja turun di Pondok Ranji atau Jurangmangu, dan dari situ bisa naik Gojek, Grabike, atau taksi. Tapi waktu itu saya naik Grabike supaya cepat sampai, berhubung saya berangkat dari Gancit sudah jam 11.30, sedangkan acara mulai jam 12 siang. Jika Anda memang tidak sedang berada di kawasan Bintaro dan sekitarnya, yah tidak usah menyengaja datang kalau memang nggak perlu-perlu amat, karena jujur aja, lokasinya yang sulit dijangkau kendaraan umum bisa membuat Anda malas datang ke sini, he he… Yah saya berharap Cozyfield Café nantinya akan membuka cabang di lokasi yang lebih strategis bagi penduduk Jakarta ;).

suasana Cozyfield Cafe yang memang cocok banget buat sekadar kongkow atau mencari inspirasi sambil menulis
suasana Cozyfield Cafe yang memang cocok banget buat sekadar kongkow atau mencari inspirasi sambil menulis

Apalagi, disain kafe ini, yang konsepnya lebih menyerupai resto casual dining, dibuat dengan serius dengan pemilihan menu-menu fusion Indonesian-Western, dan dekorasi tata ruang yang minimalis bergaya Jakarta vintage tapi modern serta terkesan lapang. Cocok bagi pembaca yang ingin menjadikan tempat ini tidak sekadar sebagai tempat makan, melainkan juga tempat kongkow-kongkow dan nongkrong bersama teman-teman, keluarga, atau bahkan mencari inspirasi baru sambil menulis karena kafe ini buka dari jam 11 pagi hingga 9 malam. Andaikan saya tinggal di sekitaran Bintaro, saya bakal betah deh bolak-balik ke Cozyfield Café, karena saya bisa refreshing melihat-lihat dan membaca buku teranyar di toko bukunya, lalu saya akan menulis blog atau mencari inspirasi untuk bahan tulisan terbaru saya sambil makan di sini.

Selain itu, sebagian besar furniturnya yang didominasi dari bahan kayu, kata Mas Ari dan Mas Ken yang memandu acara, berasal dari kayu Bali, demi mengangkat tema Indonesia. Cozyfield Café juga mendukung kampanye ramah lingkungan dengan cara tidak menggunakan plastik untuk setiap kemasan produknya, bahkan air mineral pun disediakan dalam wadah dari tabung kaca yang bisa diisi ulang. Berasa seperti lagi makan di resto atau kafe di luar negeri ;).

Koki masak Cozyfield Cafe, Mas Ari dan Mas Ken menjawab pertanyaan Ibu Vania, seorang peserta food blogger
Koki masak Cozyfield Cafe, Mas Ari dan Mas Ken menjawab pertanyaan Ibu Vania, seorang peserta food blogger

Berbagai Pilihan Menu Fusion Indonesia – Western di Cozyfield

Dihadiri oleh 12 orang food bogger termasuk saya, kami dipersilakan mencicipi hidangan-hidangan fusion a la Cozyfield yang dibuat dengan merekonstruksi menu tradisional dalam tampilan hidangan Western. Contohnya Beef Burger Rendang Floss sebagai menu andalan, yaitu berupa daging bumbu rendang yang dibungkus dengan roti bundar a la burger berukuran besar, disertai kentang goreng French fries, plus dua jenis sambal: sambal botol dan sambal ulek.

Beef Burger Rendang Floss sebagai salah satu menu andalan Cozyfield Cafe
Beef Burger Rendang Floss sebagai salah satu menu andalan Cozyfield Cafe

Kalau saya memesan menu vegetarian Baked Macaroni Cheese Pot, meskipun saya bukan seorang veggie. Saya mah penyuka segala jenis pasta, dan makaroni merupakan salah satunya, he he he. Bentuknya menyerupai dengan macaroni schotel, namun perbedaannya terletak pada sausnya, yang membuat saya teringat dengan saus-saus yang biasa disediakan kalau kita makan sea food atau sate kambing: asam-kecut-manis gimanaa gitu. Jelas saja sih, karena bahan utama sausnya tomat yang diiris-iris kecil.

Menu andalan Cozyfield Cafe lainnya adalah Baked Macaroni Cheese Pot
Menu andalan Cozyfield Cafe lainnya adalah Baked Macaroni Cheese Pot

Menu unik lainnya yang masih termasuk andalan Cozyfield adalah Rawon Reborn. Dua tahun tinggal di Surabaya, jadi saya cukup tahulah bagaimana menu rawon yang asli. Agak berbeda dengan rawon Surabaya, Cozyfield menghidangkan daging rawon yang sudah diiris-iris bersama dengan telur puyuh, dan kuah agak kental dalam mangkuk terpisah.

Rawon Reborn dengan Kuah Kental dan Telur Puyuh sebagai Menu Andalan Cozyfield Cafe
Rawon Reborn dengan Kuah Kental dan Telur Puyuh sebagai Menu Andalan Cozyfield Cafe

Ada juga Fish and Chips yang aslinya merupakan makanan snack yang awam saya jumpai di London, Inggris, ini hadir dengan ditemani French Fries, saus tartar dan daun mint yang sudah dihaluskan.

Fish & Chips yang ditampilkan dengan saus daun mint
Fish & Chips yang ditampilkan dengan saus daun mint

Lalu ada fusion makanan Italia lainnya selain makaroni, yaitu Spaghetti Pesto yang berciri khas sausnya berwarna hijau karena diolah dari daun peterseli, namun spaghetti pesto a la Cozyfield ini dihidangkan dengan cacahan kacang mete.

Spaghetti Pesto a la Cozyfield Cafe menggunakan irisan kacang mete
Spaghetti Pesto a la Cozyfield Cafe menggunakan irisan kacang mete

Bagaimana dengan minumannya? Jujur saya hanya mencicipi minuman yang saya pesan untuk diri saya sendiri, yaitu Cold Choco Orange, yang rasanya pas banget baik coklatnya maupun aroma jeruknya.

Minuman Choco Orange a la Cozyfield Cafe yang menyehatkan
Minuman Choco Orange a la Cozyfield Cafe yang menyehatkan

Namun pembaca dapat memilih hidangan beverage andalan Cozyfield yang merupakan perpaduan buah atau sayuran khas Indonesia dengan buah yang sudah dikenal masyarakat awam. Seperti Detox Juice Pineapple Kemangi, atau Glow Juice yang berbahan buah naga, sirsak dan apel.

Jus Detoks Pineapple Kemangi dari Cozyfield Cafe
Jus Detoks Pineapple Kemangi dari Cozyfield Cafe

                                                            *

Di penghujung acara, Mas Ken dan Mas Ari membagi-bagikan hadiah voucher diskon makan 20% di Cozyfield untuk kunjungan berikutnya, dan saya kebagian menu andalan lain yang belum sempat saya cicipi, yaitu Opor Ayam Bakar. Katanya sih, bedanya dengan opor ayam biasa, menu yang ini opornya tidak berkuah. Bikin saya penasaran untuk datang lagi meski jauh, ha ha..

Kenang-kenangan dari Cozyfield Cafe berupa Lolipop Coklat. Terima kasih yaa...
Kenang-kenangan dari Cozyfield Cafe berupa Lolipop Coklat. Terima kasih yaa…

Sebelum kami bubaran, para waiter Cozyfield membagi-bagikan satu batang coklat lollypop ke setiap blogger yang dikemas imut banget dalam bungkus plastik dan dihiasi pita. Sampai saat blog ini ditulis, coklat itu masih saya sayang-sayang alias belum dimakan ;). Terima kasih banyak atas undangannya, Cozyfield Café dan Gramedia. ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s