Solusi Penyedia Jasa Online Travel Agent Bersama Tiket.Com: Tiket Pesawat, Hotel, Kereta dan Hiburan

Setiap orang pasti butuh hiburan. Dan salah satu bentuk hiburan yang disukai hampir semua orang adalah jalan-jalan alias traveling. Termasuk saya, tentunya. Saya senang sekali berjalan-jalan sekaligus berpetualang. Orang-orang semacam saya ini tentunya yang dibidik oleh para penggiat industri perjalanan. Tidak hanya yang suka jalan-jalan, sih, yang bergelut dalam dunia bisnis dan mengharuskan bertemu dengan banyak orang pun pasti harus mobile, yang artinya tidak diam di satu tempat. Misalnya, pekerjaan saya dahulu adalah mempromosikan pendidikan ke sekolah-sekolah di beberapa kota. Oleh karena itu, saya harus siap ditugaskan untuk dikirim ke kota A, kota B dengan menggunakan sarana transportasi yang tersedia.  Di sini, industri perjalanan biasanya bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan tempat saya bekerja untuk menjual produk-produknya yang terkait, baik itu tiket pesawat, atau akomodasi berupa hotel, bahkan penyewaan kendaraan di kota tujuan.

Nah, industri perjalanan ini sekarang tidak hanya didominasi travel agent, melainkan bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan individu yang bekerja di sektor lain, ibu rumah tangga, bahkan mahasiswa/pelajar. Inilah yang dibidik Tiket.com, salah satu situs internet yang menjual berbagai layanan terkait perjalanan, yaitu tiket pesawat, kereta, penginapan (hotel), penyewaan mobil. Jika Anda akrab dengan situs pembanding harga tiket pesawat dari luar negeri seperti opodo, edreams, lastminute. com, maka Anda pasti tidak akan asing menggunakan situs yang ini. Bedanya, Tiket.com benar-benar dikelola oleh orang Indonesia, dan pendirinya juga orang Indonesia ;).

Tiket.Com Asli Punya Indonesia Untuk Orang Indonesia 

Dalam sebuah acara bincang-bincang santai bertajuk #NgopiBarengTiket hari Sabtu siang, 13 Februari 2016 yang digelar di Hong Kong Café, sang co-founder Tiket.com  yang bernama Gaery Undarsa memaparkan beberapa keunggulan situsnya. Bermukim di Kanada selama 10 tahun sebagai karyawan IT di IBM, Gaery malah tertarik untuk kembali ke Indonesia demi mengembangkan keahliannya, digabungkan dengan semangat berbisnis, karena melihat potensi industri pariwisata di kampung halaman yang berkembang sangat pesat. Terutama, industri pariwisata melalui internet atau online travel. Benar saja dugaan Gaery, karena sejak dibangun 4,5 tahun yang lalu, Tiket. Com kini telah berhasil menjual hingga 10 ribu tiket perharinya, dan untuk tahun 2015 saja telah terjual lebih dari 3 juta tiket !

para pembicara Ngopi Bareng Tiket, ki-ka: Nuniek Tirta (moderator, inisiator #StartUpLokal), Gaery Undarsa (co-founder Tiket.com), Ibu Indah Juli (co-founder Kumpulan Emak Blogger), Bapak Novanta (Head B2B Tiket.com), Adam (affiliate)
para pembicara Ngopi Bareng Tiket, ki-ka: Nuniek Tirta (moderator, inisiator #StartUpLokal), Gaery Undarsa (co-founder Tiket.com), Ibu Indah Juli (co-founder Kumpulan Emak Blogger), Bapak Novanta (Head B2B Tiket.com), Adam (affiliate)

Bahkan, Gaery memprediksikan bahwa potensi keuntungan yang dapat diraup dari penjualan online bisa mencapai 400 trilyun rupiah pada tahun 2025 nanti. Wow, angka yang fantastis, bukan ? Bayangkan kalau misalnya, kita sebagai affiliate mendapat keuntungan Rp 10.000 dari setiap tiket yang terjual, kalau kita bisa menjual 100 tiket saja perbulannya, Anda sudah bisa menghitung sendiri berapa penghasilan yang Anda peroleh setiap bulan ;). Kalau saya pasti akan dipakai buat modal jalan-jalan lagi, ha ha ha… Nah, bagi yang masih awam dengan istilah affiliate, saya jelaskan pada tulisan terpisah. Simpelnya, affiliate adalah orang yang menjual produk orang lain secara online dan ia tidak perlu mempunyai produk secara fisik.

Uniknya Tiket.Com, situs ini tidak hanya mempromosikan hal-hal yang terkait langsung dengan jalan-jalan, melainkan juga  menjual hal-hal yang biasanya kita lakukan selama jalan-jalan. Misalnya tiket untuk menonton pertunjukan teater atau konser (event), karcis masuk bermain ke taman hiburan (attraction), atau tiket untuk mengikuti acara festival. Oleh karena itu, Tiket.Com bukan sebuah situs penjualan jasa perjalanan semata, melainkan berfungsi sebagai platform, karena ia bermitra dengan berbagai pihak: tidak hanya maskapai, hotel, dan jasa penyewaan mobil, namun juga dengan beberapa arena hiburan seperti Kidzania dan Universal Studios.

Keamanan Pembayaran di Tiket.Com Berkat Teknologi 3DS

Meskipun disebut situs penjualan online, Tiket.Com ternyata mempunyai karyawan yang jumlahnya 250 orang, dengan kantor cabang tersebar di Bali dan Yogyakarta, selain berpusat di Jakarta.  Selain itu, sekitar 80 orang dari stafnya selalu stand by di kantor 24 jam, 365 hari dalam setahun, untuk melayani keluhan pelanggan di bagian Customer Service. Itu sebabnya, Gaery boleh berbangga bahwa situs yang didirikannya ini kini katanya menjadi situs penjualan online tiket pesawat dan kereta nomor satu di Indonesia.

Pesan tiket pesawat, kereta, hotel? Di Tiket.com aman, koq ;)
Pesan tiket pesawat, kereta, hotel? Di Tiket.com aman, koq 😉

Kalau nomor satu, berarti sudah pasti keamanannya pun terjamin, terutama dalam hal sistem pembayaran dan penyimpanan data para pembelinya. Saya pribadi termasuk salah satunya yang lumayan kuatir soal keamanan data di internet, terlebih lagi setelah diceritakan oleh seorang teman yang kartu kreditnya kebobolan setelah memesan tiket pesawat di sebuah situs perjalanan serupa. Namun, Gaery memastikan bahwa Tiket.Com adalah situs penjualan teraman, karena sistem proteksi datanya menggunakan teknologi 3-D Secure (3DS) seperti yang digunakan oleh situs-situs penjualan internasional, seperti Amazon.Com, dengan pusat pengendalian di Singapura. Simpelnya, Jika Anda pernah melakukan pembayaran online dengan kartu kredit, lalu setelah memasukkan data nomor kartu termasuk nomor CVG atau CVV, Anda akan ‘digiring’ ke sebuah situs lainnya bertuliskan “Verified by VISA” dan diminta memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS, maka itulah teknologi (3DS) yang dimaksud. Nah, Tiket.Com termasuk situs yang 100% aman karena terhitung sejak bulan Agustus 2014, tidak pernah ada laporan kasus fraud. Jadi, Anda tidak perlu takut bertransaksi dengan kartu kredit di situs ini ;). Walaupun begitu, Gaery menjelaskan, jika Anda tidak mau menggunakan kartu kredit pun, Tiket.Com menyediakan 12 alternatif pembayaran lainnya, baik melalui transfer bank, internet banking, ATM, dan lain-lain. Bahkan, Anda bisa membayar dalam berbagai mata uang lainnya selain Rupiah, loh. Canggih, kan?

Melihat peluang pasar online yang masih luas di Indonesia, Gaery berencana memfokuskan investasinya pada tahun 2016 ini melalui pengembangan situs berbasis aplikasi di ponsel pintar. Maka dari itu, Anda tidak perlu repot-repot membuka desktop alias komputer lagi kalau sedang kepepet hendak membeli tiket, atau untuk sekadar melihat perbandingan harga tiket dan hotel namun sedang tidak berada di depan komputer, karena Anda dapat mengakses Tiket.Com melalui ponsel Anda, asalkan jenis ponsel pintar Anda menggunakan sistem Android atau Apple ya ;).

Beberapa Fitur Yang Perlu Ditingkatkan : Asuransi, Tiket Museum, Pilihan Kota Yang Lebih Banyak

Merchandise dari Tiket.com untuk Melengkapi Perjalanan Anda!
Merchandise dari Tiket.com untuk Melengkapi Perjalanan Anda!

Meskipun begitu, di balik banyak keunggulan yang ditawarkan Tiket.Com, saya masih melihat ada beberapa kekurangan yang masih perlu ditingkatkan situs ini. Misalkan, variasi pilihan kota tujuan di luar negeri. Walaupun jangkauan kota destinasi dalam pilihannya sudah mencapai benua Amerika dan Eropa, namun pilihannya baru sebatas Amsterdam (Schiphol), London (Gatwick) dan Honolulu. Mungkin ini juga disebabkan maskapai yang bekerjasama dengan Tiket.Com hanya menyediakan tiket perjalanan ke kota tersebut. Padahal, sudah banyak orang Indonesia yang melalukan perjalanan ke Paris, Milan, atau Istanbul, misalnya. Begitu juga untuk pilihan hotel di kota yang sama. Kalau pilihan hiburan atau atraksi, saya belum melihat ada penjualan tiket masuk ke museum-museum, padahal di luar negeri museum merupakan salah satu sarana hiburan yang juga menarik dan edukatif. Mungkin karena kebanyakan orang Indonesia masih belum suka mengunjungi museum, ya?  Selain itu, sudah selayaknya setiap kali Anda bepergian dengan pesawat, kereta maupun dengan mobil sewaan, Anda dibekali juga dengan asuransi perjalanan. Saya lihat di sini Tiket.Com belum menawarkan  pilhan layanan terpadu tiket plus asuransi perjalanan. Namun, saya percaya Tiket.com bisa tetap menjadi  yang terdepan dalam penjualan tiket transportasi, penginapan dan atraksi hiburan jika situs ini tetap dijaga kemudahannya bagi pengguna, alias user-friendly dan tidak banyak menampilkan pop-up windows ke situs-situs lainnya seperti yang dimiliki beberapa situs serupa (karena ini lumayan mengganggu ;)).

Selain sang co-founder, acara #NgopiBarengTiket ini juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai blogging tips dari Ibu Indah Juli selaku pendiri Kumpulan Emak Blogger, Bapak Novasta sebagai Head B2B Tiket.com, dan Bapak Adam yang mengandalkan Tiket.Com sebagai salah satu sumber passive income-nya dengan menjadi seorang affiliate.

Jadi, tunggu apa lagi? Anda berencana jalan-jalan? Mendadak ditugaskan keluar kota? Atau, ingin nonton konser ? Langsung kunjungi Tiket.Com saja, ya ! 😉 ***

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s