Bermain Bersama Hewan Kesayangan di Rumah Guguk Bandung

Kalau kamu penyayang hewan dan berdomisili di Bandung, atau kebetulan sedang berada di kota Kembang ini, sesekali coba deh mampir ke Rumah Guguk yang terletak di Jalan Padalestari no.23, Lembang, Bandung. Saya juga tidak akan mengetahui ada tempat wisata unik semacam ini jika tidak diajak oleh para sepupu dan ponakan. Awalnya, saya pikir, tempat ini semacam tempat penjualan pakan anjing, kucing, hewan peliharaan lainnya serta perlengkapan mereka, plus ada anjing dan kucing yang dikurung di kandang.

Rumah Guguk yang terletak di Jalan Padalestari no.23 Bandung dapat menjadi alternatif wisata ke Bandung bagi Anda penyayang binatang. (foto: dokpri)

Memang dugaan tersebut juga tidak salah seratus persen sih. Tapi yang membuat saya takjub, tempat ini begitu ‘memanusia’-kan hewan-hewan sehingga menjadi lokasi yang nyaman untuk disinggahi selama berjam-jam. Maka itu tidak heran Rumah Guguk ramai dengan pengunjung, dan menjadi salah satu alternatif wisata ke Bandung terutama bagi para pencinta hewan.

Dulunya, Rumah Guguk Bandung yang didirikan tahun 2013 ini hanya berupa sebuah petshop. (foto: dokpri)

Awalnya, Rumah Guguk ini merupakan sebuah pet shop yang didirikan pada bulan September tahun 2013. Lama kelamaan, toko ini berkembang menjadi salon hewan (grooming), tempat penitipan hewan bagi hewan-hewan yang ditinggal sementara oleh pemiliknya, butik khusus untuk anjing, sekaligus tempat yang terbuka bagi para pengunjung untuk bercengkerama dengan berbagai hewan yang dipelihara dan dirawat dengan baik di rumah ini. Hewan-hewan yang dimaksud tidak hanya anjing loh, tapi ada juga kucing, kelinci, kambing dan burung-burung.

Tiket masuk Rumah Guguk Bandung seharga Rp 30 ribu bisa ditukar dengan barang-barang petshop, atau makanan/minuman dengan harga sama. (foto: dokpri)

Untuk bercengkerama dengan anjing dan kucing, pengunjung dipersilakan memilih mau bermain-main dengan anak-anak anjing, atau anjing-anjing yang sudah dewasa. Namun letak bangunan untuk keduanya dipisah. Mungkin supaya lebih gampang saya menyebutnya Rumah Satu dan Rumah Dua, ya. Tapi, jangan lupa untuk membeli tiket seharga Rp 30.000,- untuk memasuki Rumah Guguk ini, yang nantinya bisa ditukar dengan barang-barang pet shop, atau makanan dan minuman dengan harga yang sama.

Rumah Satu dibagi ke ruangan indoor dan outdoor. Rumah pada foto ini merupakan ruangan bermain outdoor bagi anak-anak anjing. (foto: dokpri)

Di Rumah Satu, para pengunjung, termasuk saya dan para sepupu serta ponakan, bermain secara leluasa dengan anak-anak anjing yang lucu-lucu. Jangan kuatir, anak-anak anjing yang terdapat di Rumah Guguk ini dirawat dengan baik, bulunya bersih, sangat jinak dan behave alias nggak nakal. Bahkan banyak dari anak-anak anjing ini yang dipakaikan baju yang nggak kalah lucu. Anak-anak anjing ini juga semuanya diberi nama. Mereka dipisahkan lagi ke dalam ruangan indoor (sepertinya buat anak-anak anjing yang rada kalem), dan ruangan outdoor dengan rumput bagi anak-anak anjing yang beser alias gampang pipis 😃.

anak-anak anjing di Rumah Guguk ini sangat tertib dan tahu aturan. Mereka tahu di mana letak minuman, jadi kalau haus ya tinggal menuju ke botol jerigen terdekat. (foto: dokpri)

Bermain bersama anak-anak anjing ini mengingatkan saya pada anjing-anjing di Eropa yang sering saya temui. Mereka, seperti di Rumah Guguk ini, diperlakukan layaknya manusia sehingga mereka pun bersikap ramah dan sopan terhadap orang asing, tidak seperti imej anjing yang melekat pada orang Indonesia sebagai hewan yang galak. Padahal dulunya saya tidak suka anjing, loh, gara-gara imej galak itu.

Sementara di Rumah Kedua, para pengunjung dapat bercengkerama dengan anjing-anjing yang sudah dewasa dari berbagai ras, seperti Siberian husky, terrier, golden retriever. Meskipun badannya besar-besar, mereka pun sama jinaknya dengan anak-anak anjing di Rumah Satu. Hanya saja baunya yang bikin saya tidak bertahan lama-lama di kendang anjing-anjing dewasa, he he he…

Ponakan-ponakan saya bermain dengan gukguk atau anjing dewasa di Rumah Kedua. (foto: dokpri)

Jadi saya pun berpindah ke rumah kucing yang letaknya bersebelahan dengan kendang anjing. Berbeda dengan kandang anjing dewasa yang terbuka, rumah kucing ini penampakannya benar-benar berupa sebuah rumah dengan atap, pintu, tembok dan jendela. Pintunya juga selalu ditutup, supaya para kucing di dalamnya tidak berlarian ke sekeliling rumah dan dikuatirkan mengganggu hewan-hewan lainnya.

Selain itu, rumah bercat ungu muda sesuai warna merk yang mensponsori rumah ini hanya berisi tiga hingga lima ekor kucing yang diberi kalung liontin dengan nama mereka di leher. Untungnya, walaupun tampang-tampang para kucing ini kelihatannya galak, tetapi mereka ternyata mereka dengan malasnya bergelantungan di ranting pohon buatan dan sesekali merem-melek. Mungkin karena saat itu saya juga berkunjung pada waktu sinar matahari sedang terik-teriknya.

Selain anjing, pengunjung juga bisa bercengkerama dengan kucing-kucing ras yang jinak-jinak ini loh di Rumah Guguk Bandung. (foto: dokpri)

Oya, Anda yang punya hewan piaraan terutama anjing dan ingin memandikan serta memberikan perawatan khusus bagi anjing Anda, di Rumah Guguk ini Anda bisa mendapatkan fasilitas tersebut dengan membayar biaya sekitar Rp 60 ribu hingga 70 ribu rupiah sesuai ukuran badan anjing.

Ada kolam renang khusus anjing juga loh, yang terletak di Rumah Satu, dan Anda hanya dikenakan biaya Rp 20 ribu. Sambil menemani anjing-anjing Anda berenang, atau menunggui mereka dimandikan, Anda bisa menikmati sajian makanan dan minuman yang tersedia di restoran di samping kolam renang. Kami hanya stay di Rumah Guguk hingga jam 12 siang, jadi belum sempat mencicipi menu makanan yang tersaji di sana.

Kolam renang untuk anjing di Rumah Guguk… bikin pengen ikut nyebur juga, he he. (foto: dokpri)

Ah, ketika menuliskan ini, saya jadi kangen anak-anak anjing yang berebutan tidur di pangkuan saya. Awalnya hanya satu ekor anak anjing yang tahu-tahu mendekati saya, lalu minta duduk di pangkuan. Beberapa menit kemudian, mungkin anak-anak anjing lainnya melihat si anak anjing satu ini anteng banget tidur di pangkuan saya, maka lambat laun dua hingga tiga ekor anak anjing pun berdatangan menghampiri saya, sampai saya kewalahan 😃. Yuk, sayangi hewan-hewan peliharaan Anda dengan tulus. ***

saya dikerumuni anak-anak anjing yang lucu-lucu dan menggemaskan di Rumah Guguk. (foto: dokpri)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s