Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Apartemen Olympic Residence Sentul

Di Sentul semakin banyak kita temukan alternatif tempat wisata dan hunian apartemen. Salah satu hunian berkonsep ‘Smart Green Living’ diusung oleh Olympic Residence Sentul yang letaknya dekat dengan pusat-pusat wisata. (foto: Instagram Apartemen Olympic Residence)

Belum banyak yang tahu, ternyata Sentul bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di Jawa Barat, terutama bagi para pelancong dari kota-kota sekitarnya seperti Jakarta, Bogor dan Bandung. Saya sendiri sudah lama tidak mengunjungi Sentul. Terakhir kali menyambangi kota satelit itu sekitar empat tahun yang lalu berhubung saya punya kenalan yang tinggal di sana dan diajak menginap di rumahnya.

 

Sentul sekarang sudah banyak perbedaan dengan yang dulu. Jika masa empat tahun yang lalu saya ‘hanya’ menemukan mal Bellanova, sekarang ada banyak tempat menarik yang patut dikunjungi oleh para traveler.

apartemen Olympic Residence Sentul digarap oleh pengembang terkemuka PT HK Realtindo. (foto: IG Apartemen Olympic Residence)

Selain tempat wisata, di Sentul juga semakin banyak dibangun hunian apartemen dan hotel eksklusif. Salah satunya Olympic Residence Sentul yang didirikan oleh pengembang PT HK Realtindo, anak perusahaan PT HK yang sudah dikenal sebagai perusahaan pengembang untuk berbagai proyek besar di Indonesia. Dengan konsep Smart Green Living, hunian berbentuk apartemen ini menempati lahan seluas 6.471 meter persegi yang terletak di kawasan industri Olympic Commercial and Business District Sentul, Bogor dan mudah diakses dari gerbang tol Sirkuit Sentul.

 

Dari Olympic Residence Sentul, para penghuni maupun pelancong dapat memanfaatkan obyek-obyek wisata di sekitarnya sebagai sarana rekreasi bersama anak-anak dan keluarga, serta tempat menyalurkan hobi trekking dan hobi kuliner.

Apa sajakah tempat-tempat wisata yang dimaksud? Simak beberapa di antaranya ya:

(foto: IG Apartemen Olympic Residence)
  1. Taman Wisata Alam Gunung Pancar  Ayah saya beruntung sudah pernah menyambangi taman wisata yang satu ini, terutama pemandian air panas Gunung Pancar yang katanya berkhasiat banget buat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain pemandian air panas, di taman wisata ini juga bisa kita temukan Hutan Pinus Gunung Pancar yang sepintas mirip-mirip hutan pinus di Bantul, Jogja. Di hutan pinus ini pengunjung bisa mendirikan tenda untuk camping.
(foto: IG @Apartemen Olympic Residence)

Letak Taman Wisata Alam Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, dengan ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (DPL). Taman wisata ini ternyata merupakan kawasan hutan lindung yang termasuk dalam pengelolaan Perhutani.

  1. Geopark Gua Agung Garunggang

Selain taman wisata, Sentul juga punya geopark yang nggak kalah keren dengan yang ada di Sukabumi. Namanya Geopark Gua Agung Garunggang yang terletak di desa Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Ciri khas gua ini adalah adanya stalaktit dan stalakmit serta air terjun yang indah dipandang mata.

(foto: akun instagram Apartemen Olympic Residence)
  1. Pasar Ah Poong

Walaupun namanya pasar, kawasan ini sebenarnya merupakan tempat wisata kuliner yang dikelola oleh jaringan food court Eat & Eat. Seperti halnya Eat & Eat yang kita temukan di mal-mal, Eat & Eat di cabang Pasar Ah Poong ini juga menyajikan menu-menu tradisional dan internasional. Yang istimewanya, Pasar Ah Poong buka dari pagi sehingga penduduk Sentul, termasuk para penghuni Olympic Residence Sentul bisa menikmati sarapan seusai berolahraga pagi di sini.

(foto: akun instagram Apartemen Olympic Residence)

Berhubung Pasar Ah Poong menghadap ke Sungai Cikeas, para pengunjung juga bisa memanfaatkan layanan menaiki perahu sampan yang disediakan secara gratis!

  1. Taman Bambu Eco Art Park

Tidak jauh dari Pasar Ah Poong, pengunjung yang membawa anak-anak dapat memanfaatkan taman bermain Eco Art Park yang sebenarnya merupakan ruang terbuka hijau dan diciptakan khusus untuk penduduk Sentul.

 

(foto: akun instagram Apartemen Olympic Residence)

Luas tamannya sekitar 500 meter persegi yang diapit oleh mal Bellanova, Sungai Cikeas dan Pasar Ah Poong. Terbagi ke dalam dua bagian, Taman Bambu Eco Art Park merupakan perpaduan antara seni dan sains yang terwujud dalam dua buah parabola warna-warni dan tiga buah patung berukuran besar setinggi 5-6 meter yang mempunyai makna tersendiri. Ada patung Optimus Prime, patung Pesumo dan patung Penyayang Hewan.

  1. Curug Bidadari
(foto sumber: akun Instagram Apartemen Olympic Residence)

Curug Bidadari terdapat di desa Bojong Koneng, Bogor yang memiliki air terjun. Dulunya bernama Curug Bojong Koneng, jam buka kunjungan ke Curug Bidadari adalah setiap hari dari jam 8 hingga jam 5 sore. Curug ini dapat dicapai melalui pintu tol selatan Sentul selama 50 menit.

  1. Curug Kencana
(foto sumber: akun instagram Apartemen Olympic Residence Sentul)

Selain Curug Bidadari, Sentul juga punya beberapa curug lainnya yang nggak kalah indah. Ada  Curug Kencana yang letaknya searah dengan pemandian air panas Gunung Pancar, di desa Karang Tengah, Babakan Madang.

  1. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul merupakan lahan seluas 6 hektar yang didirikan sejak tahun 1994 dan dikelilingi empat gunung, yaitu Gunung Salak, Gunung Geulis, Gunung Pancar dan Gunung Gede.

(foto sumber: akun instagram Apartemen Olympic Residence)

Yang menarik, di taman budaya ini tersedia sebuah lapangan luas berukuran 3000 meter persegi yang dapat menampung sekitar 2000 orang untuk berbagai acara seperti bazar, family gathering, dan pesta pernikahan.

Wow, banyak juga ya pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi di Sentul 😊. Dengan adanya hunian apartemen semacam Olympic Residence Sentul, maka akses menuju obyek-obyek wisata di atas bisa dijangkau oleh lebih banyak orang dan membuka potensi ekonomi baru di daerah.

***

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Wah keren artikelnya mampir ke blog q ya

    1. dinamars says:

      boleeh.. makasih sudah berkunjung 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s