Jalan-Jalan ke Bali, Jangan Lupa Pakai Asuransi

Jalan-jalan ke Bali, siapa yang nggak mau? Tapi jangan lupa pakai asuransi perjalanan ya… (foto: freeimages)

Siapa sih yang nggak suka traveling… menjelajahi tempat-tempat baru, bertemu orang-orang baru, mencicipi kuliner setempat, mempelajari sejarah tempat yang kita kunjungi. Keempat hal tersebut yang menjadi motivasi saya untuk traveling alias jalan-jalan, meskipun sah-sah juga sih kalau kamu punya motivasi atau tujuan lain. Saya suka banget bertemu masyarakat setempat sekaligus mempelajari sejarah tempat yang dikunjungi ketika jalan-jalan, karena itu akan membuka wawasan saya mengenai dunia lain di luar keseharian kita, sekaligus menjadi sarana saya untuk bersyukur menikmati tanda-tanda kekuasaan-Nya. Bahwa dunia itu tidak hanya satu, bahwa setiap tempat punya masyarakat dengan nilai-nilai yang berbeda dengan yang kita anut, dan membuat kita menjadi semakin menghargai keberagaman yang ada.

Ngomong-ngomong traveling, pastinya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Meskipun tujuan jalan-jalan kita di dalam negeri seperti ke Bali, misalnya, tetap juga ada hal yang harus diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan keselamatan kita sampai ke tempat tujuan. Walaupun pergi ke Bali pakai angkutan paling sederhana sekalipun, misalnya naik mobil atau bus, tetap saja sih faktor keselamatan menjadi hal yang benar-benar harus kita nomor satukan. Untuk itu, mau nggak mau, kita harus punya yang namanya asuransi perjalanan.

asuransi perjalanan, meskipun hanya ke luar kota dan naik mobil, tetap sangat dianjurkan untuk melindungi kita dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. (foto sumber: blogsederhana)

Bukan kenapa-kenapa yah… saya pernah tuh ngalamin waktu tugas dinas ke Kendari. Kebetulan pesawat yang saya tumpangi dari Surabaya (waktu itu saya masih tinggal di Surabaya) mengalami keterlambatan gara-gara cuaca buruk, padahal saya harus transit dulu di Makassar. Sedangkan jam transit di Makassar paling nggak lebih dari satu jam. Lah bagaimana saya harus mengejar pesawat ke Kendari kalau dari Surabaya saja pesawat telat dua jam? Padahal maskapai yang saya gunakan reputasinya terkenal baik. Tapi yang namanya cuaca buruk, mau maskapai bintang lima sekali pun tetap lah nggak berani ambil risiko angkut penumpang.

Dan ternyata benar, sampai Makassar sudah lewat dari jam sembilan malam WITA, padahal pesawat terakhir ke Kendari jam sembilan kurang. Untungnya nih, karena maskapai tersebut punya reputasi baik, maka beberapa penumpang yang hendak melanjutkan penerbangan, termasuk saya, diinapkan di hotel dekat bandara yang juga reputasinya nggak kalah bagus, tanpa saya perlu membayar apa-apa lagi, termasuk tiket penerbangan ke Kendari untuk keesokan harinya. Untungnya (lagi), saat beli tiket pesawat tersebut sudah termasuk asuransi perjalanan, jadi saya tenang deh dengan risiko-risiko yang terjadi selama penerbangan.

Sebaiknya pilih asuransi perjalanan yang mencakup penggantian biaya kehilangan bagasi, penginapan di hotel jika terjadi keterlambatan pesawat. (foto: pexels)

Nah, beberapa maskapai biasanya memang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tertentu dalam menawarkan asuransi perjalanan saat kita membeli tiket pesawat. Namun, bagaimana dengan perjalanan melalui jalur darat seperti kereta, bus, mobil, atau jalur laut? Setahu saya ada yang sudah termasuk asuransi perjalanan walaupun coverage-nya masih basic sifatnya, seperti menanggung biaya yang timbul jika terjadi kecelakaan saja, tapi tidak termasuk biaya kehilangan bagasi, biaya pembatalan perjalanan, dan lain-lain.

Saran saya sih, kalau mau jalan-jalan, tetap beli asuransi yang bisa menanggung semua risiko yang mungkin timbul, termasuk yang saya sebutkan itu tadi. Misalkan untuk asuransi perjalanan ke Bali, teman-teman bisa coba cek ricek berbagai asuransi perjalanan ke Bali yang ditawarkan oleh Futuready.com. Website satu ini bukan situs sebuah perusahaan asuransi, melainkan semacam ‘supermarket’ yang menyediakan berbagai produk asuransi dari brand-brand yang memang punya reputasi baik, seperti AXA Mandiri, Adira, JagaDiri, ACA, Lippo Insurance, Sinar Mas, Mega Insurance, MSIG, MNC Insurance, Avrist, Tokio Marine, dan masih banyak beberapa brand asuransi terpercaya lainnya.

Kelebihan membeli produk asuransi perjalanan di Futuready, kita bisa melakukan transaksi secara langsung dan mendapatkan polis asuransi elektronik begitu permohonan sudah disetujui dan pembayaran sudah dilakukan. Pengurusan klaimnya juga dibantu oleh CS-nya Futuready bisa melalui telepon atau secara online. Selain itu, di Futuready, produk-produk asuransi yang ditawarkan nggak hanya asuransi perjalanan, tapi ada juga asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, bahkan asuransi mobil, loh! Ini nih yang penting, terutama buat kamu yang bepergian ke luar kota, baik itu dalam rangka mudik, liburan, atau bisnis, menggunakan mobil pribadi atau pun mobil kantor. Asuransi mobil yang ditawarkan mencakup risiko kecelakaan di perjalanan, risiko mobil rusak akibat banjir, bahkan risiko mobil hilang.

Oya, Futuready ini merupakan broker asuransi online yang memegang lisensi resmi dari lembaga pengawas keuangan OJK, jadi dijamin asuransi-asuransi yang ditawarkan di dalamnya sudah kredibel dan berasal dari brand-brand terkemuka seperti yang saya sebutkan di atas. Nah, daripada nunggu lama-lama, buat kamu yang hendak merencanakan liburan, traveling, atau perjalanan bisnis, coba dicek-cek dulu deh website-nya di Futuready.com dan bandingkan beberapa asuransi perjalanan ke Bali yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli. Selamat jalan-jalan, semoga selamat sampai tujuan, ya 😉. ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s